Jumat, 20 September 2013

10 Alasan Bahwa Anda Akan Mencintai Windows 8

0 komentar
Kami telah menjelajahi versi Windows terbaru ini untuk menemukan apa-apa saja manfaat yang akan Anda dapat. Kami juga telah mengumpulkan 10 alasan, bahwa Anda akan mencintai Windows 8.
Perlu diingat bahwa ketika kita mencoba untuk menginstall Windows 8, instalasi akan menghapus sistem lama Anda dan menggantinya dengan yang baru, jadi Anda dapat menggunakan komputer lain atau, alternatifnya, Anda dapat menggunakan metode dual-booting antara sistem operasi lama Anda dengan Windows 8 yang Anda bisa cek di sini. Untuk memilih mana sistem operasi yang akan berjalan otomatis, tekan [Win]+[R] di salah satu sistem operasi, jalankan msconfig, dan pilih tab Boot untuk memilih sistem operasi yang Anda inginkan sebagai default boot.
Berikut ini 10 alasan mengapa Windows 8 adalah sistem operasi yang cocok untuk Anda.

Live Tiles

Metro interface yang dimiliki Windows 8 telah terbukti unggul,  beberapa inovasi yang dimiliki Metro interface menjadikannya sebuah perubahan yang sangat drastis, seperti pada saat Microsoft memasukkan Start menu pertama kali di Windows 95.
Live Tiles yang mengisi Metro interface ini adalah icon-icon dari aplikasi yang terinstall di komputer Anda, tapi tidak seperti icon biasa, Live Tiles dapat secara otomatis mengupdate dan mempermudah Anda dalam menjalankan berbagai pekerjaan. Jadi, icon Mail pada Live Tiles akan memberitahu kepada Anda apabila ada email masuk. Tampilan yang luar biasa dan sangat mempermudah pekerjaan Anda.

SkyDrive

Microsoft membuat terobosan besar di Windows 8. Kita dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaan kita di device Windows 8 lain apabila kita sedang tidak berada di depan PC. Integrasi SkyDrive dalam Windows 8 adalah solusi: hanya dengan log in kedalam Windows 8 Anda dengan Windows Live ID Anda dan membuka aplikasi SkyDrive. Dokumen dan foto yang telah Anda simpan di SkyDrive akan dapat dengan segera Anda akses dimana saja dan kapan saja. Dalam versi final release Windows 8 nanti, SkyDrive akan muncul sebagai virtual hard drive di dalam Windows Explorer, mempermudah pengaturan dokumen-dokumen Anda.

Menjalankan ISO tanpa virtual drive

Di versi Windows sebelumnya, menjalankan sebuah file ISO adalah kegiatan yang sangat memakan waktu. Sekarang di Windows 8, Anda dapat membuka sebuah file ISO hanya dengan double-click biasa. Image Virtual Hard disk (VHD) juga dapat dijalankan dengan metode seperti ini.

Task Manager baru

Walaupun bukan fitur baru, Task Manager yang telah diperbaharui ini adalah salah satu alasan kuat untuk menggunakan Windows 8. Di dalamnya banyak informasi yang dibutuhkan untuk melakukan troubleshooting pada Windows.
Setiap proses memiliki warna masing-masing, semakin gelap warnanya, semakin besar proses tersebut memakan resource yang ada. Grafik yang ada dapat membantu kita untuk mendeteksi adanya bottleneck, dan Anda juga dapat melihat seberapa banyak aplikasi menggunakan internet – sangat berguna bagi Anda yang menggunakan koneksi 3G berkuota. Dan yang terakhir  adalah penempatan startup setting di Task Manager baru ini, jadi kita tidak perlu repot-repot menjalankan msconfig.

Peningkatan keamanan

Microsoft Security Essential telah diintegrasikan di dalam Windows 8 sebagai bagian dari Windows Defender. Hal ini di luar dugaan kami, mengingat pengalaman kegagalan terdahulu Internet Explorer yang mendapat respon kurang baik dari masyarakat. Aplikasi security third-party juga dapat menjadi pilihan apabila dirasa kurang cukup.
Harapan kami semoga saja ini dapat menjadi jawaban atas kendala keamanan yang mungkin akan terjadi. Microsoft juga akan menyeleksi secara ketat aplikasi yang akan masuk kedalam Marketplace, hal ini dilakukan untuk menghindari adanya malware, seperti yang terjadi pada Google Play.

Windows to Go

Hampir tidak terdengar gaungnya, tetapi Windows to Go dapat membuktikan bahwa dirinya memang revolusioner, terutama untuk para praktisi IT. Windows to Go dapat membuat sebuah flashdisk biasa menjadi sebuah flashdisk bootable yang bisa langsung menjalankan Windows 8 Enterprise. USB drive ini dapat dengan mudah dijalankan di komputer manapun dan tidak memerlukan instalasi.

Advanced Boot Options

Apabila Anda menggunakan Windows 8 dengan komputer yang mensupport UEFI, Windows 8 akan dapat  dijalankan lebih cepat. Ini berarti Anda tidak memiliki kesempatan untuk menekan [F2], [F8], atau [Del] untuk bisa masuk ke BIOS atau mengganti boot options, seperti yang Anda lakukan sebelumnya.
Fitur baru Advanced Boot Options di Windows 8 dibuat untuk mempermudah Anda apabila Windows 8 mengalami kesulitan booting. Sangat mudah digunakan, dan akan otomatis muncul apabila Windows 8 gagal booting. Anda juga dapat menahan tombol [Shift] dan merestart komputer Anda untuk mengakses pilihan ini.

Waktu boot yang lebih cepat

Windows 8, terutama jika di install di device yang mensupport UEFI, memiliki start-up time yang sangat singkat, hanya membutuhkan 8 detik untuk booting. Walau begitu, kecepatan booting ini tidak terlepas dari manajemen resource Windows 8 yang menggunakan sedikit sekali resource komputer. Pengaruh terbesar dari kecepatan booting di Windows 8 adalah kemampuannya untuk meng-hibernate system kernel ketika sistem di shut down. Ketika sistem kembali di nyalakan, session dari user sebelumnya akan di resume.

Restore PC

Beberapa hal dalam hidup adalah jelas adanya. Kematian adalah salah satunya, begitu juga dengan Windows yang Anda punya ketika Windows tersebut melambat karena banyaknya program yang terinstall. Biasanya format dan install ulang adalah langkah yang biasa diambil, tapi hal tersebut bisa sangat memakan waktu. Fitur baru di Windows 8 yang bernama Restore PC ini dapat mem-backup dokumen serta aplikasi Anda dan mengembalikan keadaan komputer Anda sama seperti saat baru di format dan install ulang.

Reset PC

Jika metode Restore PC belum juga berhasil, saatnya Reset PC bekerja. Fitur ini sangat berbeda dengan Restore PC, karena fitur ini menyapu bersih seluruh hard drive Anda dan akan menginstall ulang PC Anda. Reset PC masih lebih simpel ketimbang format dan install ulang PC dengan metode lama, dan lebih aman tentunya.
Pilihan ‘Thorough’ tidak hanya menghapus data Anda, tapi juga me-rewrite data Anda sampai berulang kali, jadi data Anda aman tanpa takut ada orang yang me-recover data Anda – cocok bagi Anda yang ingin menjual PC Anda.

Leave a Reply